Widget Recent Post No.

ads

Cara Mengonversi MBR Menjadi GPT / GPT Menjadi MBR Tanpa Kehilangan Data


Saat Anda melakukan installasi Windows 10, Anda perlu mengubah MBR ke GPT. Master Boot Record atau disingkat MBR, dan GUID Partition Table (GPT) adalah style partisi komputer yang menjalankan Windows. Ada beberapa perbedaan di antara keduanya.

MBR mendukung hingga 2TB ukuran partisi dengan maksimal empat partisi utama. MBR adalah format partisi lama yang digunakan bersama dengan startup BIOS oleh sebab itulah ini menjadi sebab masalah saat Anda tidak bisa melakukan installasi Windows 10.  

Ada Dua metode dasar untuk Mengubah ( Convert) MBR ke GPT tanpa kehilangan data. Pada artikel ini Kami akan membahas keduanya. Dan Anda boleh memilih salah satu cara saja yang Anda rasa lebih mudah untuk dilakukan.

Catatan : Meskipun cara ini tanpa kehilangan data, Jika Anda tidak biasa dengan perintah Command Prompt  Windows Kami Sangat menyarankan agar Anda melakukan Backup data , guna mengantisipasi kesalahan yang tidak disengaja dan lebih aman.

Metode Pertama : Cara Mengubah MBR ke GPT tanpa Kehilangan data menggunakan Diskpart utility

Metode pertama adalah dengan menggunakan Diskpart. Diskpart adalah pengganti fdisk. Diskpart memungkinkan kita untuk mengubah MBR ke partisi GPT dengan mudah tanpa risiko kehilangan data. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Tekan tombol Keyboard Windows + R kemudian ketik diskpart kemudian tekan Enter

  • Pada Command Promp ketikkan perintah list disk

  • Jalankan perintah :
select disk X

Tanda X adalah nomor disk MBR yang ingin Anda ubah ke GPT. Pada screenshoot disk saya adalah 0 maka tanda X saya ganti menjadi 0


  • Kemudian Jalankan perintah :
convert gpt

Tekan enter maka disk sudah berhasil dirubah menjadi GPT.

Catatan : Anda juga dapat Mengubah MBR ke GPT, saat  menjumpai pesan error :

“windows cannot be installed to this disk the selected disk has an mbr partition table on efi system”



Ketika melakukan proses installasi Windows 10 yang sedang berlangsung. Maka cukup tekan Shift + F10. Saat berada pada notifikasi error seperti gambar dibawah ini

Kemudian ketik diskpart dan tekan Enter . kemudian ikuti perintah-perintah diatas tadi.

Metode Kedua : Cara Mengubah MBR ke GPT tanpa Kehilangan data menggunakan Disk Management

Metode kedua yang biasa digunakan untuk mengonversi MBR ke GPT tanpa kehilangan data adalah menggunakan Disk Management. Disk Management Ini adalah diskpart berbentuk grafis .
Karena Anda dimungkinkan melihat dan mengelola disk drive pada PC, ini juga dapat digunakan untuk mengubah MBR ke GPT tanpa kehilangan data. Cukup ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk mengubah disk MBR menjadi GPT menggunakan Disk Management :

  • Tekan tombol Keyboard Windows + R kemudian ketik diskmgmt.msc kemudian tekan Enter
  • Kemudian Pilih disk yang ingin Anda ubah dan kemudian buka menu Actions> All tasks > Convert to GPT. Maka disk MBR sudah menjadi GPT.

Catatan :

Jika disk Anda sudah GPT, Anda juga bisa mengonversi GPT ke MBR. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan Dengan cara ini, Anda tidak dapat mengubah disk saat melakukan proses installasi windows.

Tidak ada komentar:

Comments

ads
Diberdayakan oleh Blogger.